November 27, 2016

Kemungkinan Begini Jika Internet Gratis di Indonesia

Dampak yang akan terjadi jika semua orang di Indonesia dapat mengakses internet tanpa harus membeli kuota.

Njaplak.com - Belakangan ini sering terdengar isu bahwa internet gratis dari Google akan masuk ke Indonesia. Produk tersebut disebut dengan Google-lon. Meski hal itu hanya rumor namun juga perlu kita ketahui bahwa ada dampak dibalik hal tersebut.

Internet di zaman yang sudah maju ini sangat erat kaitanya dengan kehidupan manusia. Dimana-mana kini semua orang telah tau apa itu internet. Bahkan perkembangan internet sendiri di Indonesia juga termasuk cepat, dan bahkan sekarang di berbagai wilayah sudah mendukung koneksi 4G LTE yang merupakan jaringan tercepat saat ini.

Namun dalam mengakses internet sendiri masyarakat harus membeli kuota, atau membayar agar dapat menggunakanya.
Hal ini memiliki berbagai tujuan dan faktor yang menyebabkan hal itu terjadi, termasuk untuk mengatur jumlah peredaran uang dan meminimalisir penyalahgunaan yang terutama ditujukan kepada anak di bawah umur. Berikut ini adalah Dampak yang akan terjadi apabila internet sudah gratis di seluruh Indonesia.

Dampak yang Akan jika Internet Gratis


  1. Penyalahgunaan

    Seperti beberapa masalah yang telah ditemui di berbagai negara yang sudah menggratiskan layanan internet paling banyak ditemui masalah ini. Maksud penyalahgunaan tersebut contohnya seperti orang-orang  atau bahkan anak-anak yang mengakses internet justru menggunakanya untun melihat konten-konten yang tidak seharusnya. Tentu saja itu nanti juga akan berdampak pada pikiran masyarakat yang menjadi tercemar.
  2. Semakin banyak kasus kriminal online

    Nah, yang satu ini juga sudah tak asing lagi terdengar di telinga kita. Kasus-kasus kriminal seperti penipuan yang paling marak terjadi karena jual beli barang, dan sebagainya pasti akan semakin berbahaya dengan digratiskanya internet.
  3. Semua orang menjadi pemalas

    Sekarang saja sudah sangat terasa bahwa dampak buruk yang satu ini sedang menjalar di berbagai kalangan. Mereka menjadi malas untuk keluar mencari kebutuhan, bersosialisasi, dan bermain karena semua hal itu sudah bisa digantikan dengan bentuk digital bahkan online yang lebih mudah dan asik.
  4. Warnet, ISP, dan sejenisnya tidak laku

    Kasihan banget kan kalau berbagai usaha seperti warung internet dan juga perusahan penyedia layanan tersebut jadi semakin tidak laku. Hal ini juga mempengaruhi ekonomi negara pastinya karena bukan hanya perusahaan ISP yang dirugikan, melainkan 
  5. Game, film, musik, aplikasi bajakan semakin banyak
    Hampir sama dengan poin nomor satu, dan dua. Jika internet gratis makan semakin banyak pula barang-barang dalam bentuk digital bajakan. Hal tersebut mempengaruhi pendapatan para pembuat, pengembang dan pihak yang berkaitan. Contohnya saja film, maka akan jarang orang membeli kaset original dan semakin jarang pula bioskop yang seseru masa-masa sekarang.
  6. Kualitas kesehatan lingkungan menurun

    Mungkin sobat masih cukup bingung dengan yang satu ini, akan tetapi ini juga yang perlu diperhatikan. Banyak penelitian bahwa radiasi dari jaringan, sinyal tidak baik untuk beberapa orga tubuh. Jadi itulah yang menyebabkan kesehatan manusia kan lebih terganggu.


Begitulah kemungkinan yang akan terjadi kalau internet sudah dapat diakses tanpa biaya oleh seluruh orang. Meski memiliki dampak positif namun hal ini sepertinya justru sangat berdampak buruk terutama bagi anak dibawah umur.

Artikel Terkait